Minggu, 17 Oktober 2021

Nasib si daun Pahit


Adakah yang belum tahu pohon ini? Sepertinya semua orang sudah mengenal dan mengetahui pohon ini.
Ya..itu adalah pohon pepaya/kates.
Ada cerita menarik dengan pohon pepaya yang saya alami ketika mengikuti Lokakarya 0 PPGP/Progrm Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4.
Let's check it out....

Pada saat pengajar praktik/PP menginstruksikan seluruh CGP/ Calon Guru Penggerak untuk memperkenalkan diri masing - masing dengan membuat satu gambar di sehelai kertas warna. Gambar yang dibuat harus mencerminkan karakter, hobby atau apapun yang mengidentifikasi bahwa " That's me, itu Gue banget loh ".

Sampailah satu persatu CGP menunjukkan gambar dan menceritakan gambar apa yang dibuat.
Ada yang menggambar sepeda motor yang menunjukkan bahwa " Saya suka Traveling walau hanya dengan sepeda motor walau judul nya Traveling tipis-tipis.
Ada yang menggambar emoticon 😊 smiley yang artinya saya suka tersenyum dalam menjalani hidup kata para peserta.
Nah..tibalah giliran satu peserta yang menunjukkan satu gambar pohon pepaya. Ibu Instruktur menanyakan artinya apa pak? 
" Menjadi guru itu pahit, seperti pohon pepaya ini, batangnya pahit, kembang pepaya pahit, daunnya pahit. Namun walau pada akhirnya berbuah manis ".

Entah mengapa saya tidak sependapat dengan ungkapan rekan satu kelompok saya itu.

Bagaimana pendapat bapak/ibu hebat semua.
Alasan ketidak setujuan saya akan KEEP dulu, mana tau ada yang sama argumen nya dengan saya.

Yuk, mari kita berargumen tentang Pohon Pepaya😊.


4 komentar:

  1. Kren, mengupas makna hidup dengan ilustrasi daun pepaya

    BalasHapus
  2. Terlepas dari ketidak setujuan ibu, saya teringat ketika awal awal saya merantau ke Jakarta, kalau pulang kampung saya dibuatkan jamu oleh almh. nenek saya dari akar pepaya yang pahitnya ampuuun.. tapi harus saya habiskan biar sehat katanya.

    BalasHapus
  3. Luar biasa segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah pasti ada hikmah/faedahnya, termasuk pohon pepaya walaupun pahid dia punya faedah yang luar biasa, seperti halnya kita ketika menerima ujian dari Allah pasti pahit rasanya namund itu, pasti ada hikmah yang terselip didalamnyas kita atau justru kita malah mengeluh, jika kita bersabar insyaallah Allah akan berikan manisnya kehidupan

    BalasHapus

GURU TAHAN BANTING

GURU TAHAN BANTING Berbicara tentang Kurikulum Merdeka yang lebih memfokuskan pada pendeteksian bakat dan minat murid yang terus digali dan ...