Program yang dilaksanakan adalah " CELENGAN LITERASI "
Tujuan : Meningkatkan, penguatan dan pembiasaan kemampuan berliterasi dimulai dari kelas 1 SD
Latar belakang :1. Untuk tingkat kelas 1 SD masih ditemukan peserta didik yang belum mampu baca dan tulis secara sempurna
2. Melatih kemampuan baca tulis peserta didik yang belum sempurna baca dan tulis
3. Bagi siswa/i yang sudah lancar membaca menjadi penguatan kemampuan berliterasi dimulai sejak kelas 1 SD
4. Melatih kemampuan mendengar dan bicara murid
5. Melatih keberanian dan percaya diri untuk tampil dan bicara di depan orang banyak
Rencana program " Celengan Literasi " yang berdampak pada murid dengan menggunakan Teori BAGJA dengan tahapan-tahapan :
B - Buat pertanyaan Bagaimana agar siswa kelas 1 SD tertarik dengan ber literasi walau masih ditemui siswa yang belum sempurna baca tulis ?
A - Ambil pelajaran 1. Kegiatan menarik apa untuk siswa kelas 1 SD yang ada hubungannya dengan kemampuan tulis dan baca selama pembelaja- ran ?
2. Ide menarik apa yang dapat dikembangkan dalam program Celengan Literasi ?
3. Bagaimana memotivasi siswa yang masih usia peralihan dari usia TK untuk memahami penguatan Literasi ?
G - Gali mimpi 1. Semua peserta didik bersemangat mengikuti program celengan literasi
2. Berharap siswa yang belum lancar baca dan tulis akan terbantu dengan program Celengan literasi
3. Berharap semakin meningkat kemampuan public speaking siswa
4. Meningkatnya rasa percaya diri/self confidence murid dengan tampil dan membacakan hasil tulisannya
J - Jabarkan rencana Bagaimana pelaksanaan program celengan literasi ini berdampak pada murid di kelas
A - Atur eksekusi Bagaimana tehnis pelaksanaan program celengan literasi dengan mengingat :
1. Waktu pelaksanaan
2. Siapa yang terlibat
3. Siapa saja yang terlibat
4. Siapa saja yang memonitor
5. Apa saja indikator keberhasilannya
6. Bagaimana evaluasinya.
Waktu pelaksanaan
Program Intrakurikuler, pada jam pembelajaran dapat di awal atau di akhir
Dana Masih mandiri karena masih menggunakan alat dan bahan sederhana saja yang mudah didapat dan digunakan kembali pemanfaatan barang-barang bekas layak pakai
Pelaksana Guru dan murid khusus kelas 1 ( untuk jangka pendek dan berharap akan dapat merefleksikan ke rekan sejawat dan kelas lain
untuk jangka panjangnya )
Output - Ada hasil tulisan murid yang berbeda sesuai instruksi guru
- Tersedia kotak celengan literasi dan guntingan kertas karton sebagai media
Outcome Siswa terbiasa menulis dengan mengeluarkan ide-ide yang dia pikirkan dan penguatan literasi walau masih secara sederhana.
Impact Siswa menjadi mandiri, bertanggung jawab dengan apa yang ditulis, bernalar kritis dan mampu berkolaborasi dengan teman-teman
yang lain, karena celengan literasi yang di programkan ini tidak hanya menuliskan kata namun ke depannya akan menyusun kata
menjadi kalimat seperti permainan susun kata Scrabble, sehingga secara otomatis kemampuan literasi murid akan lebih terasa
Faktor pendukung Guru, teman serta orang tua. Merujuk pada Trisentra Pendidikan yaitu Sekolah, Masyarakat, Keluarga/Orang tua merupakan faktor
yang sangat mendukung terciptanya pendidikan yang mampu melahirkan peserta didik yang selamat dan bahagia/ Wellbeing Student.
Faktor Penghambat Sejatinya tidak ada murid yang bodoh yang ada hanya murid yang belu siap untuk dan yang perlu kita sadari bahwa setiap anak
berbeda. Biarkan mereka tumbuh dan berkembang sesuai kodrat nya masing-masing, guru hanya dapat menuntun tumbuh kembang
murid. Dibutuhkan kesabaran untuk menghadapai kondisi siswa yang belum memahami secara sempurna baca dan tulis, namun
yakinlah dengan memprioritaskan VCO ( Voice, Choice dan Ownership murid ) maka akan tercapai pembelajaran yang berpihak pada
murid/ Student Centered Learning.
Deskripsi pelaksa-
naan program Sebelum atau mengakhiri pembelajaran siswa kelas 1 SD saya berikan potongan kertas karton dimana kertas karton itu saya berikan
pada semua murid. Setiap program dilaksanakan dengan tema yang berbeda-beda. Misal anak ibu semua tahukah kalian apa itu
artinya cita-cita ? Tau bu guru. Nah kalau anak-anak ibu sudah tau artinya cita-cita dan sudah tau juga apa cita-cita anak-anak semua
Sekarang ibu minta semua menuliskan apa cita-cita kalian di kertas yang sudah ibu berikan, lalu nanti akan menceritakan apa cita-
citanya itu dan ceritakan mengapa anak ibu memilih menjadi dokter, guru, polisi dan lain-lain. Setelah anak ibu menceritakannya di
depan kelas kertasnya boleh di setor atau di masukkan ke dalam kotak, kotak apa namanya anak-anak ? CELENGAN LITERASI buuuu
Evaluasi Program 1. Diperlukan dukungan dari semua pihak yaitu kepala sekolah, rekan guru, murid dan orang tua untuk senantiasa membiasakan anak
penguatan literasi walau secara sederhana di rumah dengan orangtua
2. Murid yang belum maksimal dan optimal dalam baca dan tulis diberikan arahan, bimbingan dan motivasi secara terus menerus
untuk menumbuhkembangkan kemampuan literasi.
Pembelajaran
Pogram : Walaupun untuk tingkat kelas 1 SD harus sudah ada pembiasaan berliterasi agar untuk jenjang kelas berikutnya murid sudah biasa
dan mampu berliterasi karena literasi adalah bukan hanya kemampuan membaca melainkan kemampuan dan keterampilan
membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah dan mampu memahami dan menalar dari hasil bacaan, tulisan
pembicaraan dan hitungan. Karena Literasi mencakup Literasi baca dan tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi digital,
Literasi Finansial dan Literasi budaya.
Banyak murid yang bisa membaca namun banyak murid yang tidak mampu memahami isi tulisan yang dibaca.
Kemampuan berliterasi untuk menghindari FUNCTIONALLY ILLITERATE, dimana Negara Indonesia pernah menduduki ranking ke 60
dari 62 negara untuk tingkat kemampuan ber literasi.
Membaca adalah jendela informasi sehingga penting untuk dibudayakan dalam rangka membiasakan kegemaran membaca dan
memahami apa yang telah dibaca.
Narasi
Program : Awalnya saya ingin membuat program " GELIS " gerakan literasi sekolah untuk seluruh komunitas sekolah. Menjadikan ratusan
karakter, cerita-cerita murid dan guru yang dapat dikumpulkan menjadi satu bahan buku solo ataupun Antologi. Namun berdasarkan
hasil survey dikarenakan waktu yang kurang mendukung dan kesibukan rekan sejawat lainnya maka saya perkecil program menjadi
program Celengan Literasi dimulai dari kelas yang saya ampu. Berharap untuk waktu jangka panjang, saya mampu menulis satu buku
tentang SD Negeri 105277 tempat saya bertugas, murid-murid yang unik dan khas dengan beragam karakteristiknya dan juga pengala-
man hebat dari guru-guru hebat selama perjalanan menjadi seorang guru.
Dan Alhamdulillah dengan mengikuti PGP Angkatan 4 ini saya menyadari pentingnya penguatan Literasi baik dalam pengerjaan LMS
dan pengerjaan video pembelajaran tiap-tiap Modul. Dengan rasa mandiri yang diharapkan dari nilai dan peran seorang guru pengg-
erak saya telah mencetak 1 buku solo dan 1 buku Antologi dan meraih juara 2 karya tulis dalam rangka hari guru.
Kaitannya dengan program Celengan Literasi ini saya berharap ke depannya dapat memotivasi murid untuk mampu menghasilkan
karya lewat literasi.
Semoga program ini akan memiliki dampak positif bagi murid dengan mengandalkan modal/Aset yang dimiliki dan tentunya
kemampuan berpikir berdasarkan aset ( Asset-Based thinking )
GALERI CELENGAN LITERASI SD Negeri 105277 Hamparan Perak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar